Sabtu, 13 April 2013

Tips & Trick Melindungi Jaringan Internet Komputer

Perkembangan Internet belakangan ini semakin lama semakin di butuhkan setiap orang dari anak-anak sampai dewasa. Dalam mengoprasikan internet terhadap individu atau pun personal, pengaman jaringan sangat sangat di perlukan. Perlindungan itu mencakup untuk melindungi jaringan Internet dari hacker atau cracker. Untuk itu ada satu aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melindungi daringan Internet Anda bernama IPCop.



IPCop, salah satu aplikasi terbaik untuk mengamankan jaringan internet

IPCop ini nantinya  bisa mengatur akses ke situs tertentu, menentukan orang yang berhak meng-akses atau  tidak jaringan Internet Anda, membuat alokasi alamat internet protokol (IP) secara otomatis. Dengan IPCop semua masalah mengenai jaringan Anda bisa di atasi.

Jenis dari aplikasi ini berdiri sendiri, seperti sistem operasi yang bisa di “sainding” kan dengan perangkat PC apa saja. Lisensi aplikasi ini juga berbasi GPL dan Open Source sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk menggunakannya. Ada banyak berbagai macam perangkat tambahan yang di perlukan untuk pelengkap modem internet Anda di PC. Tetapi sebagain besar masih berbayar dan biasanya harga yang di banderol pun cukup mahal.

Skema implementasi IPCop

Lantas apa saja hal-hal penting yang dapat diperoleh dari menggunakan IPCop? Beberapa di antaranya adalah :

  • Anda bisa mengatur hak akses ke suatu jaringan tertentu.
  • Membuat alamat IP secara otomatis.
  • Melindungi jaringan Internet Anda dari DDOS.
  • Mengatur dan mengamankan VPN.

Selain itu IPCop juga cendrung melakukan perlindungan penuh seperti Firewall di PC Anda. Firewall adalah sebuah sistem yang bertugas seperti petugas kepolisian di lampu merah yang menjaga agar lau-lintas dalam jaringan tetap stabil. Pada dasarnya, sistem ini di letakkan dalam gateway atau router yang menjembatani sebuah jaringan dengan jaringan yang lain.

IPCop, aplikasi terbaik untuk mengamankan jaringan internet

Sementara itu hampir sama tapi berbeda dengan IPCop, aplikasi hasil distribusi Linux yang di disain khusus untuk keserdehanaan pengaturan jaringan. IPCop juga bertipe Statefull Firewall. Hingga sekarang aplikasi ini masih terbukti ampuh dan di pakai perusahaan-perusahaan besar di Ibukota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar