Sabtu, 13 April 2013

Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk

Hal-hal yang perlu dipersiapkan:
1.Pertama-tama Anda harus mempersiapkan file instalasi windows 8 dalam bentuk ISO file. Jika Anda hanya memiliki CD atau DVD atau hanya file dari CD yang telah Anda copy ke hardisk Anda, Anda dapat mempelajari cara membuat ISO file di cara membuat file iso berikut.
2. Flashdisk kapasitas 4 GB atau lebih
3. Komputer yang bisa diakses guna memindahkan file installer ke flashdisk

Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk

Langkah pertama, bikin bootable flashdisk terlebih dahulu. Untuk membuat bootable flashdisk dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu denga menggunakan Windows 7 USB/DVD Tool dan dengan menggunakan UltraIso. Untuk membuat bootable flashdisk dengan menggunakan windows 7 usb/dvd tool, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Colok falshdisk Anda ke komputer.
2. Download terlebih dahulu Windows 7 USB/DVD Tool di sini.
Walaupun namanya windows 7 USB/DVD tool, namun juga bisa digunakan untuk windows 8.
3. Setelah selesai Anda download, lalu install, kemudian jalankan programnya. 
4. Setelah programnya terbuka, sebagai langkah awal klik brows, lalu pilih file ISO windows 8 yang telah Anda persiapkan sebelumnya.
5. Langkah selanjutnya klik Next.
6. Lalu pilih USB device pada perintah "Choose media type"
7.  Langkah selanjutnya "Insert USB device" pilih lokasi flashdisk Anda. Lalu klik "begin copying".
8. Klik "Erase USB Device", untuk mengkosongkan isi flashdik Anda terlebih dahulu, jika jendela ini tidak muncul, berarti flashdisk Anda telah kosong.
9. Langkah terakhir, klik "Creating bootable USB device". Silahkan tunggu proses pengcopian filenya. Dan jika prosesnya telah selesai secara baik, maka akan muncul status "Backup completed".
10. Sekarang Anda bisa menutup program windows 7 USB/DVD tool nya, dan flashdisk Anda pun siap digunakan untuk installasi windows 8.

Sedangkan langkah-langkah membuat bootable flashdisk dengan menggunakan UltraIso sebagai berikut:
1. Download UltraIso di sini, lalu install.

2. Setelah selesai Anda install, jalankan program tersebut, pilih menu Filee>>Open, dan buka file iso yang telah Anda siapkan sebelumnya.
3. Lalu pilih Botable >> Write Disk Image.
4. Pastikan untuk memilih opsi 'USB + HDD' pada "Write Method", dan pastikan pilihan USB yang akan Anda gunakan sebagai bootable, lalu klik "write". Tunggu beberapa saat, lalu flashdisk Anda pun siap untuk digunakan.

Setelah, flashdisk telah dijadikan bootable windows 8, berikut cara install windows 8 dengan flashdisk. Berikut ini, langkah-langkahnya:

1.Colok flashdisk Anda pada perangkat yang akan Anda install dengan windows 8.
2. Jika proses set up nya tidak berjalan, setting terlebih dahulu perubahan urutan boot di BIOS, pilih USB drive di urutan pertama. Lalu restart komputer Anda untuk melanjutkan proses set up windows 8.
Tips:
Untuk memperlancar proses booting, saat menjalankan Windows 7 USB DVD Download Tool format USB dalam format NTFS. Untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah kosongkan isi flashdisk, lalu memformat flaskdisk menggunakan sistem file FAT32.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar